Rabu, 02 Januari 2013


Penerbitan Buku Perdana " Berguru Pada Rasulullah SAW : Penjelasan Dakwah dan Tarbiyah Rasulullah dalam tahapan Tilawah, Tazkiyah dan Ta'lim
Oleh: Andri Ismail, MA
Berbagai cara dan metode telah dilakukan untuk dapat membangun kembali generasi muslim, agar berada di posisi segaimana masa kejayaannya. Namun metode-metode hasil pemikiran manusia itu hanya mampu menghasilkan manusia yang berilmu pengetahuan, tetapi masih jauh dari pengamalan, apalagi berkorban dan memperjuangankan Islam sesuai dengan pemahamannya.
Berbeda jauh dengan Rasulullah SAW, peradaban Jahiliyah yang rusak dan penuh dengan kebejatan moral. Rasulullah SAW dalam masa yang sangat relative pendek mampu melahirkan generasi terbaik, yang tidak hanya cerdas dalam menyikapi perubahan sosial dengan tuntunan wahyu Ilahiyah, namun juga siap mengorbankan setiap potensi yang ada dalam dirinya untuk memperjuangnkan pemahaman Islam yang dipahaminya. Itu artinya para ilmuan Islam tidak hanya membentuk otak tapi mampu membentuk karakter Islam yang sangat ideal.
Maka tidak ada jalan lain bagi para pemerhati perkembangan Islam dan pembentuk masyarakat Islami, selain merujuk kepada metode yang telah di jalani Rasulullah SAW. Mulai dari memahamkan Bahwa Islam adalah Cahaya kehidupan, proses tilawah sebagai pembeda manusia mukmin dan kafir, tazkiyah yang membersihkan karakteristik jahiliyah menuju Islamiyah, dari tazkiyah Aqidah sebagai pondasi dasar ajaran, tazkiyah akhlaq sebagai peletakkan dasar untuk menilai baik dan buruk, dan tazkiyah amwal sebagai peletakkan oreantasi hidup seorang mukmin, sampai kepada pengenalan jati diri manusia dan harkat martabat manusia. Sehingga diharapkan dia mengerti akan tujuan penciptaannya dan tugas hidupnya di dunia ini.
Pemahaman dasar prinsip-prinsp itulah yang dibahas dalam buku ini. Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar